Nha Thrang Beach, Pantai Super Kacrut!


Nha Thrang beachInilah nasib kalo orang picky soal pantai seperti saya.

Menurut list tempat yang harus saya kunjungi hari ini adalah Nha Thrang beach sebelum ke Hanoi. Sebelum berangkat ke Vietnam pun saya sudah browsing banyak banget tentang tempat ini, salah satunya melalui lonelyplanet.com dan beberapa rekomendasi temen yang udah datang ke sini. Katanya sih tempatnya keren, kalo di Indonesia yah 11:12 sama Gili Trawangan lah. Saya bela-belain naik sleeping bus (apa itu sleeping bus? nanti ya di entry lain) jam 8 malem dari Ho Chi Minh karena perjalanan ke Nha Thrang butuh 10 jam melalui darat.

Saya sampai di Nha Thrang jam 6 pagi hampir setengah 7 pagi. Cari warung untuk sarapan dulu sebelum ke pantai. Dari tempat saya makan, saya harus jalan kurang lebih 5 menit untuk menuju ke pantai. Hari ini ketika saya datang, Nha Thrang sangat sepi yang ada cuma beberapa nelayan dan beberapa turis yang siap-siap buat surfing. Di sekitar pantai ada banyak hotel berbintang, ya mirip Bali lah. Memang Nha Thrang adalah kota pantai di Vietnam setelah Mui Ne. bedanya adalah Mui Ne lebih ke kampung nelayan seperti di Jakarta.

Setelah saya masuk ke pantainya…..

LAH KOK GINI DOANG?!!!!!!

Selama di pantai yang ada cuma ngeluh doang. Pantainya sangat jauh dari yang ada di pikiran saya, bahkan sangat jauh dari foto yang saya lihat (saya baru sadar kalo foto-foto itu efek dari sotoshop plus kamera SLR berlesolusi tinggi). Dalam hati saya maki-maki temen saya yang pernah cerita kalo Nha Thrang itu kayak Gili Trawangan. lah Gili Trawangan apanya? Nha Thrang dalam bayangan saya adalah berpasir putih halus, air biru, ombak tenang, enak buat snoorkling. Ternyata, pasirnya coklat, ombaknya gede (bagimane mau snoorkling?), airnya pun keruh, jarak antara air dan daratan sangat dekat jadi nggak bisa jumplaitan di pasir, dan sampah dimana-mana!

Saya bertanya ke seorang bule dari Belanda, kok dia mau snoorkling disini? Kata dia, dia juga ketipu pas pertama kali datang kesini. Dia dapat spot yang menarik buat snoorkling  tapi harus nyebrang dulu pake perahu…

TEPOK JIDAT!

Saya memang tipe orang yang nggak asal milih pantai. Menurut saya pantai adalah tempat private dimana kita bisa menikmati diri kita sepenuhnya. Apa enaknya sih di pantai yang banyak orang? mau snoorkling yang ada malah tabrakan sama pantat orang lain. Apa enaknya sih pantai yang ombaknya gede? Kita kan juga mau ke pantai bukan untuk lomba surfing dan mana bisa berenang santai yang ada di kejar ombak. Kalo mau tahu seperti apa pantai yang ideal buat saya, silahkan di baca lagi post saya sebelumnya what’s an ideal beach?

alhasil daripada kecewa terus, saya memutuskan untuk mud-bath di area pantai Nha Thrang. Eh ketemu sama orang Indonesia dari cikampek! Dan lagi-lagi mereka satu keluarga juga ketipu sama tour agent yang bilang Nha Thrang pantai yang super keren!

Kalo mau agak mahal dikit, kita bisa menyebrang VinPearl Island menggunakan perahu. Katanya, VinPearl seperti dufan kecil dan ada satu pulau lagi yang enak buat diving (tapi lupa namanya).

Leave a Reply

