Mahasiswa nggak bisa traveling?


Setiap kali saya mau traveling ke suatu tempat, banyak teman-teman di kampus yang bertanya: kok bisa sih? duit dari mana? di bolehin orang tua gitu? Padahal, waktu kuliah adalah waktu yang paling tepat buat traveling karena umur kita yang masih muda dan jadwal yang tidak terlalu padat. Bayangkan kalo sudah kerja, setiap bulan punya uang tapi jadwal libur yang sedikit. Nah, sekarang kita main hitung-hitungan yuk, katakanlah uang saku kalian seminggu 100.000. Dari 100.000 itu coba sisakan 50.000 aja. Dalam 5 bulan kalian sudah bisa keliling di beberapa negara di Asia Tenggara selama seminggu! Lumayankan? Intinya, kita harus mengurangi pengeluaran kita termasuk jalan-jalan di mall. Saya sih gampang secara saya nggak suka jalan-jalan di mall :p

Bagaimana kalo nggak dapat ijin dari orang tua? Orang tua saya malah mengijinkan saya buat jalan-jalan mulu, kenapa? Karena saya bertanggung jawab atas diri saya selama di jalan dan saya menggunakan uang saya sendiri, that’s it! Kalo kalian nggak dibolehin traveling sama orang tua alasannya gampang, pertama kalian masih minta duit sama orang tua setiap mau jalan-jalan, kedua mungkin nilai kalian di kampus jeblok dan ketiga mungkin kalian kurang mandiri dan tidak biasa lepas dari orang tua. Baru sakit perut sama pilek aja langsung telpon mama, duh gimana orang tua mau percaya kalo anaknya traveling ke tempat yang jauh?

Dari pengalaman saya selama ini ada ada beberapa cara buat mahasiswa buat traveling sendiri:

Padatkan jadwal kuliah. Jadwal kuliah berbeda dengan jadwal sekolah yang masuk dari hari Senin sampai hari Sabtu. Sedangkan saat kuliah, kita bisa memilih hari yang kita suka. Biasanya, saya memilih kuliah pada hari Senin sampai Jumat siang, sehingga Jumat sorenya bisa saya pakai untuk jalan-jalan sampai hari Minggunya. Atau, saya memilih traveling dari hari Sabtu sampai hari Senin, sedangkan hari Selasa sampai Jumat, saya pakai untuk kuliah.

Rencanakan perjalanan. Ini penting banget, karena ini yang akan menjadi motivasi kamu buat melakukan langkah-langkah berikutnya. Nggak perlu jauh-jauh, ingat the closer the cheaper, semakin dekat semakin murah. Mulailah dari browsing tempat, hotel, transportasi, dll. Dari situ kalian akan tahu berapa dana yang akan dibutuhkan untuk pergi ke tempat itu dan mulailah menabung.

Pangkas pengeluaran. Kemana kalian pergi setelah dari kampus? Yang kuliah di kota besar pasti tantangan terbesarnya adalah mall. Badan rasanya pegel kalo nggak ke mall setelah dari kampus. Padahal, mall adalah post pengeluaran kita terbesar. Sedangkan, kalo mau sering traveling kita harus memperkecil pengeluaran dan memperbesar pemasukan. Daripada sering nongkrong di kafe, mending buat tidur atau membaca buku. Nongkrong, clubbing, atau nge-mall itu juga penting buat bersosialisasi tapi juga jangan sering-sering.

Nabung. Ini biasanya tantangan paling susah buat seorang mahasiswa. Biasanya saya membuka akun sebuah bank yang ATM nya jauh dari peradaban. Dengan begini saya jadi malas buat pergi ke ATM itu karena jauh! Nah, nanti ketika mau berangkat traveling,uang di ATM itu saya pindahkan ke ATM yang mudah didapat. Saya juga mengurangi membawa kartu ATM  dan memilih membawa uang cast secukupnya. Dengan demikian, kalo uang jajan habis nggak ada alasan untuk menarik uang di ATM lagi.

Hasilkan uang sendiri. Kalo pangkas pengeluaran dan menabung masih dirasa kurang cukup, satu-satunya cara adalah bekerja. Jadwal kuliah seorang mahasiswa kan sehari paling banyak tiga mata kuliah, nah daripada pulang atau nongkrong mending buat bekerja. Saya pernah bekerja sebagai barista di coffee house. Dulu saya juga pernah kerja sebagai pengajar bahasa Inggris buat anak-anak TK. Nggak usah dipikir berapa rupiah yang akan di dapat yang terpenting adalah pengalaman. Enakkan kalo bisa menghasilkan uang sendiri buat jalan-jalan sambil menambah pengalaman kerja. Eh saat lulus, CV kita sudah penuh sama pengalaman kerja. Seru kan? 🙂

Jual karyamu. Saya bisa bekerja di majalah travel karena saya berani menjual tulisan-tulisan saya. Nggak harus tentang jalan-jalan, kalian suka nulis tentang fashion coba kirim ke editor majalah remaja. Kalian suka fotografi, coba kirim ke majalah atau perorangan yang mau membeli foto-fotomu. Saat mau menjual karya kita, pastikan karya kita berbeda dengan karya orang lain, bisa lebih bagus atau lebih unik sehingga ada orang yang melirik karyamu. Sekali lagi, bayaran kecil itu biasa buat pemula.

Cari relasi sebanyak-banyaknya. Saat kuliah jangan cuma berteman dengan yang asalnya sama dengan kita. Coba berteman dengan yang datang dari daerah lain. Saat musim liburan, kita bisa ikut dia pulang kampung sehingga bisa menghemat ongkos hotel. Teman juga bisa didapat dari jejaring sosial atau group pencinta alam di kampus. Lumayankan kalo ada temen baru yang mau diajak sharing ongkos selama dijalan?

Buat saya, waktu kuliah adalah waktu buat jalan-jalan karena umur kita yang masih muda. Mau naik kereta kelas ekonomi selama 21 jam, tidur rame-rame di dorm, atau makan di pinggir jalan, sih ayo-ayo aja. Coba bayangkan kalo kita sudah berumur 40an, duh mau kemana-mana rasanya malas. Intinya, semakin muda, semakin murah buat traveling. Oya, sebentar lagi saya akan keliling 6 negara di Eropa, dan saya sendiri yang membiayai perjalanan saya ini, jangan iri ya! 😀

Advertisements

4 thoughts on “Mahasiswa nggak bisa traveling?

  1. ketika saya di larang backpack sama nyokap,kata2 yg selalu saya keluarin : “Lah ibu sering jalan2 tuh ke medan,lombok,padang,dll knp anak nya ga boleh jalan2” dan akhir nya di relakan pergi dah sama nyokap wuehehehe

    oia link “Backpacker Indonesia” nya salah tuh mas,coba deh di cek lg 😀

    salam kenal,
    anugrah

  2. Hahaha. That’s awesome! Betul tuh nggak. I’m currently saving for Sydney (buat tahun depan, tapi) > < Hahaha. And you're a barista now?? :O Di Frame kah?? And I've been wanting to ask you this for a long time, hahaha. What travelling magazine are you currently writing for? I always enjoy your writing, Ngga! Keep it up! 🙂

    • Aku freelance di Venture Travel Magazine. Thanks madam you’re one of my loyal reader, keep update ya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s