Lombok: Surga tingkat 8!


Pantai di Gili Trawangan yang bersih

Setelah pulang dari Lombok, sekarang saya setuju dengan ‘apa yang dilihat di Bali bisa dilihat di Lombok, tapi apa yang bisa dilihat di Lombok belum tentu bisa dilihat di Bali’. Lombok sekarang dan dulu memang bener-bener berbeda. Lombok sekarang semakin berbenah untuk menerima tourist. Bahkan kabarnya pemerintah sedang menyiapkan Lombok sebagai destinasi wisata terbesar kedua setelah Bali! Ini memang bukan kali pertamanya saya ke Lombok. Pertama kali saya ke Lombok itu tahun 2007 dan saat itu buat ke Lombok saja muahal banget. Fasilitas hiburan buat turis masih sedikit, malah hampir nggak ada. Boro-boro tempat hiburan, hotel di Senggigi saja saat itu masih bisa dihitung pakai jari.

Dengan mendapat tiket promo Merpati Indonesia dari Denpasar ke Lombok, saya nekatin buat traveling ke Lombok lagi. Ketika mendarat di Bandara Internasional Lombok Praya saya sudah kagum. Bandaranya bener-bener modern, bersih, dan keren! Menurut Saya ini adalah bandara terbaik kedua di Indonesia setelah Makasar. Pesawat yang melayani jalur ke Lombok pun juga semakin banyak. Bahkan, budget airlines seperti AirAsia Indonesia saja sekarang sudah membuka jalur langsung dari Kuala Lumpur ke Lombok Praya. Keluar dari bandara sudah banyak pilihan transportasi yang siap mengantar kita ke destinasi-destinasi strategis di Lombok. Pokoknya, bandara yang sekarang semakin gampang untuk diakses. Berbeda dengan dulu ketika bandaranya masih di Selaparang.

Tujuan pertama saya adalah Sengiggi. Senggigi tidak banyak berubah dari dulu dengan yang sekarang. Bedanya, Senggigi sekarang semakin hip dengan banyaknya bar dan resort bintang 5. Saya ingat pertama kali saya ke Senggigi dulu, mau cari ATM saja susah, apalagi hotel tarif murah. Dulu saya dapat hotel super sederhana dengan harga 75 ribu semalem. Ruangannya sempit, pengap, dan di kasurnya banyak kutu kasur yang kalo kita bangun langsung bentol-bentol dimana-mana. Senggigi sekarang semakin

Pemandangan dari Senggigi ke Bangsal

sadar dengan kebutuhuan para Backpacker. Bahkan, saya dapat hotel murah, bersih, nyaman, dan jaraknya cukup dekat dengan pantai. Perjalanan dari Senggigi ke Bangsal yang merupakan pelabuhan yang menghubungkan Lombok dengan Gili Trawangan tidak banyak berubah. Masih banyak tanah pinggir pantai yang kosong dengan pemandangan yang luar biasa cantiknya.

Gili Trawangan sendiri juga nggak kalah cantiknya. Surga di bawah lautnya benar-benar mempesona. Surga ini saya buktikan ketika saya snorkeling nggak jauh dari pantai. Nggak lama setelah saya berenang, saya sudah bisa bertemu dengan segerombolan Barracuda fish dengan ikan warna-warni lainnya. Sayangnya, terumbu karang di tepi pantai Gili Trawangan semakin hancur terkena jaring kapal. Bagaimana dengan surga diatas? Pantai di Gili Trawangan dan dua Gili lainya yaitu Gili Meno dan Gili Air benar-benar bersih, dan airnya bergradasi dari biru muda ke biru tua. Jarak dari pantai ke darat pun cukup jauh, jadi kalau berenang di tepi pantai nggak usah takut dikejar ombak. Malam di Gili Trawangan paling cocok dihabiskan buat sekedar melamun di bar pinggir pantai sambil memandang deburan ombak. Bagi yang suka rave party di pinggir pantai, Gili Trawangan pilihan yang cocok. Nggak perlu jauh-jauh ke Phuket atau Maldives kan? 🙂

4 thoughts on “Lombok: Surga tingkat 8!

  1. Kebetulan saya juga baru kemarin dari sana. Tambahan rekomentasi tempat wajib di Lombok : Pantai Kuta sama Tanjung Aan, tempatnya keren banget! Terus masih sepi jadi serasa private beach gitu :))

  2. Hm …Coba klo ke Lombok lagi, berkunjung ke Jeeva Bloam, Lombok Timur. Pantai dan scenery nya itu lho …………… jempol punya, lebih OK daripada Gili. Memang jalan kesana masih horrible, but once u reach there ..hmmm …jeprat jeprit sambil ber perahu nggak ada habis2nya haaaa.

Leave a Reply

