Liburan di ‘Rumah’


Buat saya jalan-jalan itu ada dua macam: traveling bikin capek dan traveling malas-malasan. Karena seharian itu saya sudah keliling Yogyakarta, Gunung Kidul, dan Wonosari, di hari berikutnya saya ingin traveling dengan gaya santai. Artinya saya cuma pengin makan, tidur, makan, tidur, dan seterusnya. Kalau mau jalan-jalan pun nggak perlu yang full day traveling. Pokoknya traveling yang nggak bikin capek, lah. Malah saya berencana liburan empat hari saya di Jogja ini, saya khususkan untuk liburan di hotel! Toh, saya belum pernah tuh liburan di hotel sampai berhari-hari.

Karena niat saya untuk liburan di hotel, saya segera mencari hotel yang nyaman, homey, punya restauran dengan makanan yang enak, dan dekat dengan pusat wisata di Jogja. *ribet* Setelah saya browsingbrowsing beberapa kali, pilihannya adalah hotel-hotel berbintang yang harganya selangit. Duh, bisa bangkrut ini kalau nginepnya sendirian.

Akhirnya saya memutuskan untuk go show saja.

Menjelang kepulangan saya dari Gunung Kidul, saya ingat pernah menyimpan nomor telepon @HOM Platinum Gowongan Yogyakarta di hp. Segeralah saya menelepon @HOM Platinum Gowongan yang diterima oleh seorang mbak-mbak nan ramah. Dia berkata kalau lokasi hotel @HOM Platinum Gowongan ini hanya 5 menit jalan kaki dari Stasiun Tugu Yogyakarta, atau 7 menit jalan kaki dari Malioboro. Kebetulan banget malam itu saya benar-benar kelelahan setelah seharian jalan-jalan. Kalau harus jalan kaki jauh lagi, duh 😦

Singkat cerita sampailah saya di hotel @HOM Platinum Gowongan. Dari luar, hotel ini memiliki desain yang sangat modern dan minimalis dengan sentuhan bunga-bunga berwarna coklat di dindingnya untuk menambah kesan ‘Jogja’. Di bawah logo @HOM Platinum Gowongan yang sangat mencolok dari kejauhan terdapat tagline: ‘by Horison’. Sejak saat itu saya baru tahu kalau @HOM Platinum Gowongan ini dioprasikan oleh Horison Group yang telah berpengalaman mengelola 33 hotel berkelas Internasional. Saya tambah yakin kalau @HOM Platinum Gowongan ini bukan hotel abal-abal.

Loby yang luas, tenang, dan nyaman.

Masuk ke loby utama yang sangat luas saya langsung menuju ke meja resepsionis di mana si mbak yang saya telepon tadi sudah menunggu. ‘Selamat malam Bapak Angga, selamat datang di @HOM Platinum Gowongan’  Karena dipanggil Bapak, segera saya jawab “nggak usah panggil Bapak, panggil saja saya masa depan mu, mbak *tempelin jari ke bibir mbaknya*. Skip!

Segera dia membuatkan reservasi dan menyerahkan amplop yang berisi kartu sebagai kunci beserta password wi-fi. Setelah saya menyelesaikan reservasi, saya nggak langsung menuju ke kamar saya yang berada di lantai tiga. Saya sengaja berkeliling dulu di loby utama. Di loby utama ini terdapat beberapa sofa yang bisa digunakan untuk bekerja atau sekedar santai. Sementara di sisi lain terdapat resto hotel yang tidak begitu luas, tapi tertata dengan rapi. Jika mau merokok, sudah disediakan outdoor space dengan meja kayu dan payung, persis di bawah pohon kamboja. Yang menarik, di dekat lift terdapat display rempah-rempah khas Jawa yang bisa dicoba oleh pengunjung lengkap dengan deskripsi singkat kegunaan dan manfaatnya.

Loby dengan sofa yang banyak. Nyaman buat kerja atau nongkrong santai.

Ketika saya naik ke lantai tiga, saya di sambut oleh alunan musik jazz yang sangat lembut, bukan cover lagu Sabrina atau Kenny G. Kemudian saya langsung menuju ke kamar saya yang letaknya persis di paling ujung lorong. Membuka kamar saya cukup kaget! Perabotan di kamar masih serba baru. Ternyata, hotel @HOM Platinum Gowongan ini masih terbilang baru di Jogja.

IMG_3269

Kasur ukuran king size buat sendiri! *guling-guling*

Karena mengusung konsep ‘rumah’, setiap kamar didesain bak kamar pribadi di rumah dengan konsep modern-minimalis. Kasurnya saja benar-benar empuk lengkap dengan bed cover yang tebal dan bantal yang nyaman. Ketika masuk kamar saya langsung membuka tirai jendela. Walaupun pemandangannya bukan kost-kostan cewek, saya cukup puas dengan pemandangan Malioboro dan sekitarnya. Apalagi ketika malam, lampu-lampu dari hotel-hotel sebelah terlihat sangat cantik dari sini. Karena kebutuhan saya untuk bekerja, saya cukup was-was kalau-kalau wi-fi di sini lelet. Ternyata saya salah! Signal internet dapat tertangkap di setiap kamar dengan sangat baik. Bahkan saya bisa streaming tanpa buffering. Ihiy!

Kasurnya nyaman, tapi bobonya sendiri :(

Kasurnya nyaman, tapi bobonya sendiri 😦

Yang paling saya suka, sih, penataan pencahayaan di setiap kamar. Saya nggak suka sama hotel yang kamarnya terlalu terang. Kalau mau redup, ya, harus dimatikan dulu lampunya. Berbeda di @HOM Platinum Gowongan, di setiap kamar pencahayaannya ditata hangat dan redup, sehingga nggak bikin mata cepat capai. Pokoknya nyaman lah kalau mau bekerja atau membaca. Sayangnya, hotel ini nggak memiliki kolam renang, kalau ada pun itu adalah kolam renang hotel sebelah. Tapi apalah arti kolam renang kalau hotelnya sudah nyaman seperti rumah, dan harganya terjangkau. [ADV]

@ HOM PLATINUM GOWONGAN

Jalan Gowongan Kidul No. 57,

Daerah Istimewa Yogyakarta 55271
 

               

4 thoughts on “Liburan di ‘Rumah’

Leave a Reply

