Mencari Sundara


IMG_35

Bukan, ini bukan perjalan relijius demi mencari kitab suci ke barat. Bukan juga perjalanan demi mencari wanita berparas elok bernama Sundara. Ini cuma perjalanan hedon demi mencari bar mahal di Bali. Semua dimulai ketika kami bertiga ingin memuaskan ego kami, ego untuk hedon! Dari awal kami sepakat bahwa jalan-jalan ini tetap harus didasarkan pada prinsip jalan-jalan murah: naik budget airline, tinggal di homestay bukan hotel, dan kemana-mana naik motor. Sisa uangnya barulah dipakai untuk mencicipi bar mahal di Bali.

Demi memenuhi ego kami, malam sebelumnya kami sibuk mencari beach club mana yang layak untuk dikunjungi. Layak di sini bukan soal bagus atau buruk, tapi mahal atau tidaknya beach club itu. Perlu diketahui, harga untuk berkunjung ke beach club di Bali saat ini sudah mencapai ratusan hingga jutaan rupiah! Tergantung paket yang ditawarkan dan seberapa hitsnya beach club itu.

Dari hasil browsing sana-sini ternyata banyak beach club yang menawarkan pengalaman yang berbeda-beda. Dari yang berada di atas tebing seperti Rock Bar milik Ayana Resort sampai yang harus menuruni tebing puluhan meter seperti Karma Kandara. Dari yang memiliki cabang di Ibiza seperti Nikki Beach Club sampai yang memasang minimum charge jutaan rupiah seperti Vue Beach Club. Semua kami pertimbangkan satu-persatu dari jarak hingga harga. Tak lupa soal komentar-komentar miring tentang beach club itu. Bicara soal komentar miring, ada beberapa beach club hits di Bali yang tidak ramah terhadap turis lokal. Artinya, turis lokal tidak akan dilayani sebaik turis asing. Cih, yang kayak gini mah mending nggak usah dikunjungi!

Dari hasil diskusi kami yang mulai sepelik pertanyaan apakah bumi itu bulat atau datar, kami mulai sepakat bahwa beach club yang akan kami kunjungi nanti harus dekat dengan hotel, tidak terlalu mahal, ramah ke turis lokal, dan instagramable! Dari semua kriteria tadi, keputusan kami pun jatuh kepada Sundara Bali.

IMG_3954

Berlokasi di Jimbaran yang hanya membutuhkan waktu 40 menit dari Kuta dengan mengendarai sepeda motor, Sundara menawarkan sensasi beach club yang berbeda dari beach club lain yang ada di Bali. Untuk sampai ke Sundara ternyata tidak terlalu rumit. Dari Bay Pass Ngurah Rai arahkan kendaraan ke Jalan Raya Uluwatu. Jika sudah tiba di Uluwatu, carilah pertigaan yang mengarah ke pantai Sundara. Jika tidak tahu, cukup bertanya ke warga lokal di mana lokasi Four Season Hotel. Karena, letak Sundara ini berada di samping Four Season Hotel.

Sesampainya di depan Sundara, kami segera memakirkan kendaraan kami. Tidak lama seorang satpam menghampiri dan bertanya tujuan kami ke Sundara. Awalnya, kami dikira ingin berkunjung ke Pantai Sundara. ‘Kalau ingin ke pantainya lurus saja, gratis kok mas.’ Kata beliau. Ternyata, Pantai Sundara yang dulu dikenal dengan Pantai Jimbaran letaknya terpisah dari beach club. Jika hanya ingin bermain di Pantai Sundara, pengunjung tidak perlu masuk melalui beach club nya. Semua akses ke pantainya pun gratis, kecuali jika ingin ke Sundara Beach Club seperti kami.

The daybeds Pic via http://www.fourseasons.com/

The daybeds
Pic via http://www.fourseasons.com/

Memasuki area beach club yang didominasi oleh bebatuan warna putih dengan ukiran khas bali, kami langsung disambut ramah oleh staff Sundara Bali sembari menanyakan kami ingin duduk di sebelah mana. Awalanya kami pede ingin duduk di daybed yang berada di pinggir kolam. Dari beberapa review yang kami baca, tidak ada minimum charge di Sundara, artinya pengunjung bisa duduk di manapun secara gratis. Ternyata tidak! Daybed dengan payung-payung yang menyerupai tudung nasi dengan kasur berbahan linen nan lembut dihargai paling murah 700 hingga  900 ribu. Sementara meja yang menghadap ke pantai dihargai paling murah 500 ribu. Waks! ‘Tenang aja mas, nanti minimum chargenya bisa dibelanjakan makanan atau minuman, kok.’ Ucap staff Sundara setelah melihat wajah tidak mampu kami. ‘Kalau jumlah pembelanjaan lebih dari minimum charge, nanti tinggal kami tambahkan saja di bill, nah sekarang pilih meja yang mana?’

IMG_3896

Karena kami hanya bertiga, kami tidak memerlukan meja yang terlalu besar. Kami pun memilih meja yang berada di deret paling belakang dengan minimum charge seharga 300 ribu. Setelah daftar menu dibagikan, kami langsung tertarik dengan crisp-wood fired pizza yang kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia kurang lebih pizza yang dibakar dengan kayu yang gurih (?). Margherita pizza pun menjadi pilihan kami. Tak lama, seloyang pizza Margherita sudah tersedia di meja kami. Soal rasa, saya berani bilang ini pizza paling enak yang pernah saya makan! Bayangkan, daging dengan potongan jamur yang melimpah, kemudian dioles dengan saus signature yang nikmat, dan pinggiran pizza yang dibakar kering. Pizza seharga 180 ribu itu pun langsung tandas dalam beberapa menit. Enaaak! 😀

IMG_3909

Jika ingin berenang di kolam yang lebarnya mencapai 57 meter, handuk, toileters, dan infused water disediakan secara cuma-cuma. Bahkan, kami bebas berenang tanpa dibatasi waktu. Barulah setelah pukul lima sore, pengunjung wajib memakai pakaian yang pantas (tidak boleh memakai tank top, bikini, atau bertelanjang dada) untuk menyambut sunset party yang diadakan setiap soreSayang kami tidak sampai melihat sunset dan live music nya. 

Selain menawarkan kolam berbentuk infinity yang langsung menghadap ke pantai berpasir putih, pengunjung juga bisa menikmati pesawat yang sedang landing di Bandara Ngurah Rai. Di sisi lain dari Sundara pengunjung juga dapat melihat kemegahan Four Season Hotel yang nampak seperti dibangun diatas karang. Turun dari Sundara, pengunjung juga dapat bermain di pantai Sundara yang berombak khas pantai-pantai di Uluwatu. Asik ya! 😀

SUNDARA

Four Seasons Resort Bali at Jimbaran Bay
Jimbaran, Kuta Selatan, Bali 80361
Indonesia
www.fourseasons.com/jimbaranbay

Phone: (62 361) 701010

      

Advertisements

One thought on “Mencari Sundara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s