Mau ke mana di 2017?


collage-2017-01-05-1

Tahun 2016 lalu sebenarnya saya sudah merencanakan beberapa perjalanan ke beberapa tempat. Bahkan saya sudah memesan tiket PP KL-AMS yang berujung pada hangusnya tiket tersebut karena tabungan yang kurang mengizinkan di hari menjelang keberangkatan. Hiks! Karena 2016 lalu saya tidak banyak melakukan perjalanan, sebagai gantinya saya menunaikan salah satu dasa darma Pramuka, yaitu rajin menabung. Di tahun 2017 ini rencananya akan saya gunakan untuk balas dendam dengan mengunjungi beberapa tempat baru. Intinya tahun ini harus surprised myself! dengan melakukan hal-hal baru.

Tulisan ini adalah hasil perenungan mau ngapain dan mau ke mana saja di tahun 2017 ini. Beberapa rencana sudah fixed, artinya tiket sudah terpesan dan tinggal eksekusi saja. Namun, ada juga beberapa yang masih rencana. Postingan ini sekaligus menjadi self-reminder buat saya untuk menabung. Ya, saya ingat saya bukan keturunan Sultan Arab, jadi tetap harus menabung.  Jadi, mau ke mana dan mau ngapain aja di tahun 2017 ini:

Kuala Lumpur – Tehran.

img_0069

Pernah nggak secara impulsif memesan tiket pesawat gara-gara lihat feed instagram seseorang? Iya. Itu. Saya. Gara-gara ada seseorang memposting foto-foto perjalanan di Tehran, saya langsung mupeng! Loh kok keren. Loh kok tiketnya murah! Berangkat! Sebelumnya tidak pernah terpikirkan akan berkunjung ke negara-negara di Timur Tengah. Pernah ke Dubai, itu pun untuk sekedar transit. Tapi karena lagi-lagi tiket promo akhirnya traveling goal saya berubah ke Tehran. Jadi ada apa di Tehran? Rencananya selama saya di Tehran, saya akan berkunjung ke Musium Nasional Tehran yang terkenal dengan koleksi kehidupan manusia Iran sejak 3000 tahun lalu, Borj-e Milad yang merupakan Burj-kalifanya Iran, lalu ke menara kebebasan rakyat Iran yang sungguh megah di Azadi Tower. Oh, tidak lupa ke Grand Bazaar, pasar ala Timur Tengah seperti di film Mumi.

Kembali ke Penang

collage-2017-01-05

Terakhir saya ke Penang itu tahun 2014 lalu. Lagi-lagi karena tiket seharga 800 ribu PP dari Air Asia, menarik saya untuk kembali ke Penang tahun ini. Tentu saya kangen dengan grafiti-grafiti unik di George Town, es kacang, dan bangunan-bangunan kuno khas peranakan di Love Lane. Kalau beruntung saya juga ingin berkunjung ke Bukit Bendera yang tidak sempat saya kunjungi saat itu.

Imlek di Lasem

Mungkin ini adalah rencana terdekat saya. Sebetulnya, Lasem jaraknya tidak begitu jauh dari tempat saya tinggal. Bahkan bisa ditempuh beberapa jam saja dengan bis. Namun, karena tahun lalu saya menunggu seorang teman yang janji menemani ke Lasem yang berujung tidak pernah terwujud, lagi-lagi rencana saya ke Lasem gagal. Ketika Imlek nanti, saya bertekad untuk berangkat sendiri. Tidak tahu ada perayaan apa ketika Imlek di Lasem nanti. Sekalipun tidak ada perayaan, berkeliling ke rumah-rumah dengan arsitektur kampung pecinan lama cukup untuk merayakan imlek tahun ini. Oh, saya juga ingin ke pembuat batik tertua di Lasem. Aduh, ada yang ingat namanya? 😦

Ikut berjalan bersama Jakarta Good Guide

Processed with Moldiv

Beberapa bulan lalu saya berkesempatan ikut walking tournya Jakarta Good Guide. Tema pada hari itu adalah Old Jakarta yang dimulai dari Stasiun Jakarta Kota, kemudian Pelabuhan Sunda Kelapa, dan berakhir di Kota Tua. Sayangnya hari itu hujan, sehingga guide kami tidak bisa maksimal ketika menceritakan satu tempat. Walaupun begitu, tur hari itu betul-betul seru. Apalagi buat saya yang baru pertama kali ikut walking tour. Maka dari itu saya pengin kembali lagi dan ikut tur mereka lagi. Saya masih penasaran ikut tur mereka ke Glodok dan Menteng.

Akhirnya Togean

Kadidiri, morning view from my cottage

Sebenarnya ini juga merupakan rencana trip tahun lalu yang seharusnya berisi enam orang. Ketika akan memesan tiket pesawat Jakarta-Palu, seorang teman mengundurkan diri karena tidak mendapat aproval cuti. Kemudian disusul dua orang teman yang juga batal ikut karena alasan keluarga. Akhirnya trip Togean ini bubar! Hahaha. Tahun ini dengan tiga orang teman, saya berencana akan serius ke Togean. Rute pun sudah kami pilih yaitu Palu – Ampana – Wakai. Begitu juga dengan penginapan. Dari beberapa rekomendasi, akhirnya kami sudah memasan bungalow di Pulau Bolilanga. Ngomong-ngomong soal Togean, kami masih mencari dua orang teman lagi yang mau ikut ke Togean ini. Yang minat komen, yak! 😀

Bali, Bali, Bali

img_1643

Setiap tahun Bali harus ada di travel plan saya. Entah minimal sekali, Bali sudah menjadi agenda wajib saya. Tahun ini, setelah Tehran Trip, saya berencana ke Bali untuk beberapa hari. Sudah lama saya pengin kembali mengunjungi Nusa Penida dan Lembongan. Sekaligus ke Canggu dan Seminyak buat nyobain coffee shop baru yang akhir-akhir ini lagi hip di kalangan anak Instagram seperti KILO dan Expat Roaster. Duh, review coffee shop baru di Bali seru kayaknya! 😀

Zookout!

zoukout-01

Kata anak disco, Djakarta Warehouse Project (DWP) adalah umrahnya para penikmat musik trance. Sedangkan Zookout yang setiap tahunnya dihelat di Singapura ini merupakan naik hajinya para transcer (?) di Asia. Bahkan konon pengunjungnya rela jauh-jauh datang dari Jepang, Hongkong, dan Inggris demi musik festival terbesar di Asia ini. Sebenarnya saya tidak begitu tertarik dengan festival musik semacam ini, tapi karena bujuk seorang teman di awal tahun ini, jadi boleh lah ya sementara saya masukin ke wish list dulu. Kalau ada yang tertarik ikutan, boleh banget! Kalau takut ga kuat berdiri lama seperti saya, tenang, tolak angin free flow, kok! 😀

Mungkin sementara ini dulu. Kalau ada masukan wajib kunjung di tempat-tempat tadi. Saya pasti usahakan untuk berkunjung. Kalau ada yang mau ikut trip nya, boleh bangeeeet! Hehehe.

            

2 thoughts on “Mau ke mana di 2017?

  1. Ikutan share resolusi ngebolang tahun ini. Nanjak Ciremai, Slamet, dan Semeru. Lanjut waktu orang pada puasa ngetrip ke Lombok – Rinjani. Cuma belum berani apply cuti ke bos 😑

Leave a Reply

