Mahalnya Kamboja

IMG_365

Taksi mengantarkan kami ke sebuah guest house berlantai dua bergaya Amerika Latin. Dari luar, guest house nampak teduh dengan tamannya yang luas. Sementara dari samping terlihat Sungai Kampot yang membentang memisahkan sisi selatan Kamboja dengan Pusat Kota Kampot. Saya dan teman saya diturunkan persis di depan pintu masuk guest house. Halo, welcome to Mea Culpa‘ seorang staff guest house menyambut kedatangan kami dari meja resepsionis. Setelah sedikit bercakap-cakap tentang tujuan kami di Kampot, staff resepsionis langsung meminta kami untuk membayar tarif untuk dua malam.

Two nights, double room, 65 Dollar’ Waks! Kami kaget dengan harga yang harus kami bayar. Karena dari situs pemesanan Agoda, guest house ini hanya 15 Dollar saja permalamnya.

Continue reading

Mau ke mana di 2017?

collage-2017-01-05-1

Tahun 2016 lalu sebenarnya saya sudah merencanakan beberapa perjalanan ke beberapa tempat. Bahkan saya sudah memesan tiket PP KL-AMS yang berujung pada hangusnya tiket tersebut karena tabungan yang kurang mengizinkan di hari menjelang keberangkatan. Hiks! Karena 2016 lalu saya tidak banyak melakukan perjalanan, sebagai gantinya saya menunaikan salah satu dasa darma Pramuka, yaitu rajin menabung. Di tahun 2017 ini rencananya akan saya gunakan untuk balas dendam dengan mengunjungi beberapa tempat baru. Intinya tahun ini harus surprised myself! dengan melakukan hal-hal baru.

Continue reading

Mencari Sundara

IMG_35

Bukan, ini bukan perjalan relijius demi mencari kitab suci ke barat. Bukan juga perjalanan demi mencari wanita berparas elok bernama Sundara. Ini cuma perjalanan hedon demi mencari bar mahal di Bali. Semua dimulai ketika kami bertiga ingin memuaskan ego kami, ego untuk hedon! Dari awal kami sepakat bahwa jalan-jalan ini tetap harus didasarkan pada prinsip jalan-jalan murah: naik budget airline, tinggal di homestay bukan hotel, dan kemana-mana naik motor. Sisa uangnya barulah dipakai untuk mencicipi bar mahal di Bali.

Continue reading

Soal Traveling dan Seafood

IMG_365

‘Gue ga tahu rasanya jadi orang Indonesia yang ga bisa berenang dan makan seafood’ Begitulah ucap seorang teman yang sibuk melahap seekor lobster sebesar separuh lengan orang dewasa di sebuah warung makan di Pelabuhan Ratu.

Sebagai orang yang memilih berada di pantai daripada di gunung, saya cukup sepakat dengan ucapan teman saya itu. Kenapa begitu? Sebagai negara yang memiliki luas pantai sepanjang 5,8 juta KM persegi atau hampir 70% dari luas daratan dengan 25 ribu jenis ikan, rasanya sedih betul kalau tidak bisa menikmati kekayaan bawah laut negara sendiri itu. Untuk menikmati kekayaan bawah laut Indonesia, paling tidak harus bisa berenang atau makan hasil lautnya, kan? 😀

Continue reading

Alila Villas Soori: Where The Broken Heart Goes

IMG_39

“Dijual voucher menginap di Alila Villas Soori, Bali. 2D1N. Interested? PM me”

Sebuah tweet yang kemudian diretweet oleh seseorang melintas di lini masa twitter saya. Awalnya, saya tidak memerdulikannya. Oh, Alila, oh resor mahal. Begitulah pikir saya, sambil meneruskan scrolling lini masa, berharap ada sesuatu yang menarik yang membuat saya sedikit tersenyum pagi itu. Pagi itu hati rasanya kelam betul. Untuk sekedar bangkit dari kasur saja membutuhkan perjuangan lebih. Bahkan gorden di kamar pun sengaja tidak saya buka. Biarlah kamar saya tetap gelap, toh tidak ada yang perlu saya lakukan hari itu.

Continue reading

Faktor U Atau Gaji Kebanyakan?

IMG_3861

Awal semester saya kuliah, saya pernah naik bis ekonomi selama 28 jam dari Jakarta ke Bali. Tahun 2012 saya pernah naik sleeper bus tua selama 16 jam dari Ho Chi Minh ke Da’Nang. Satu tahun kemudian saya sukses dibikin mabok oleh kapal ferry dari Jepara ke Karimun Jawa selama 8 jam. Bahkan, saya pernah menginap berhari-hari di hostel super busuk di beberapa kota. Semuanya baik-baik aja tuh!

Continue reading

Liburan Bareng Murid

IMG_3509Masih ingat pertama kali studi wisata ketika jaman sekolah? Kalau kalian tahunya Karya Wisata, ketebaklah umur kalian berapa! Pengalaman studi wisata yang paling saya ingat itu ketika saya duduk di kelas dua SMA. Tujuan sekolah kami setiap tahun selalu sama yaitu, Bali. Layaknya Bali nggak ada tempat lain, tujuan kami di Bali pun juga selalu sama setiap tahunnya: Monkey Forest, Pasar Seni Sukawati, Museum Subak, Joger (yang bahkan nggak pernah saya kunjungi lagi sekarang), dan Pantai Kuta. Sebelum berangkat kami diberi tugas oleh masing-masing guru mata pelajaran. Sesampainya di tempat-tempat tadi, kami harus mengerjakan tugas yang diberikan oleh para guru. Dari semua tugas yang diberikan, tugas yang paling memalukan menurut saya adalah wawancara turis asing. Gara-gara tugas ini saya harus gangguin bule yang lagi sunbathing di Pantai Kuta demi saya wawancarai. Untungnya si bule baik banget menjawab pertanyaan demi pertanyaan dari saya. Padahal, bahasa Inggris saya waktu itu masih ala kadarnya. Maafkeun 😦

Continue reading